CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

Selasa, 14 April 2009

coffe


Minum kopi lebih dari tiga cangkir sehari dapat membantu untuk memperlambat penurunan daya ingat kaum wanita berusia lanjut, demikian menurut sejumlah periset Perancis.
Laporan para pakar Perancis itu Senin (6/8) mempertegas alasan mengapa kaum wanita menyenangi minuman paling populer di dunia tersebut. Sayang, kaum pria tidak memperoleh manfaat sama seperti apa yang dialami para wanita dari minuman itu, kata mereka.
“Lebih banyak kopi yang diminum, akan lebih baik khasiatnya bagi fungsi ingatan (teristimewa bagi kaum wanita),” kata Karen Ritchie di Institut Penelitian Medis Nasional Perancis, yang karynya muncul di jurnal Neurology.

Para periset itu yang diikuti 7.000 pria dan wanita di tiga kota Perancis, memeriksa kesehatan mereka dan fungsi mental dan menanyai mereka tentang kebiasaan makan dan minumnya, teman mereka dan kegiatannya sehari-hari. Mereka menggunakan informasi ini untuk mengetahui peran spesifik caffeine di dalam kehidupan para wanita tersebut.
Mereka menemukan bahwa kaum wanita yang meminum lebih dari tiga cangkir kopi seharinya - atau zat caffeinenya setara dengan yang terdapat di dalam teh - lebih terpelihara kemampuan verbal dan daya ingat visualnya.

Para wanita itu memiliki suatu kemungkinan 33 persen lebih rendah mengalami penurunan kemampuan verbalnya dan penurunan kemampuan daya ingat visualnya, jika dibanding dengan para wanita yang hanya meminum satu cangkir kopi setiap harinya.
Pengaruh itu juga bergantung pada usia, dengan wanita yang berusia di atas 80 tahun, maka dia akan memperoleh lebih banyak manfaat meminum lebih banyak kopi setiap harinya jika dibanding dengan wanita yang lebih muda 10 sampai 15 tahun, kata tim Ritchie dalam laporannya itu. Tidak diketahui pasti apakah ada perbedaan mengkonsumsi kopi yang sekarang ini atau yang sebelumnya.

Beberapa studi yang dilakukan atas tikus menunjukkan bahwa caffeine kemungkinan menghambat penumpukan protein yang menyebabkan penurunan mental. Ritchie tidak tahu pasti mengapa pengaruh itu hanya bermanfaat pada kaum wanita.
Rara-rata orang Amerika meminum satu atau dua cangkir kopi seharinya, demikian menurut Asosiasi Kopi Nasional. (ap/rtr/ant)

0 komentar: